Jumat, 08 Juli 2011

Cerita Tentang Cicak

Kemaren bantuin mama kemas-kemas rumah,
Lagian masih liburan,
Bersih-bersih dikit lah... hehe

Pas lagi ngemasin rak sepatu,
Tiba-tiba ada sesuatu jatuh dari situ,
Aku udah menjerit setengah mati mengetahui benda itu seekor cicak,
But, wait wait, ternyata cicak kecil yang malang,
Dia sudah mati dan gepeng...


Kayak fosil dah ni..
Haahaha..

Nama latin cicak apa sih?
Gekkonidae..
Keren juga.. ^_^

Cicak ini merupakan hewan yang paling sering banget kita temui disekitar rumah.
Merayap di dinding, ( kayak lagunya, " cicak, cicak, didinding, diam-diam merayap" )

Namun, ternyata, di sekitar rumah kita saja ada 3 jenis cicak yang biasa berkeliaran..
Wah, padahal sekilas semuanya sama saja ya..?
Iya, yuk kita lanjut tentang spesies cicak..

1. Cicak Tembok / Cicak Rumah :
    Nama latin nya Cosymbotus Platyurus. Ukuran nya sedang, panjang maksimal nya 135 mm dan separuh nya adalah ekor, (wess.. ekor nya panjang ya..). Ciri khas nya adalah ada nya jumbai kulit sempit disepanjang sisi tubuh, kaki dan ekor nya.
    Cicak ini biasa di temukan di rumah dan bangunan lainnya. didinding, ditembok, langit-langit, apalagi yang ada lampunya, favorit deh buat ini cicak, soal nya dia suka memangsa serangga yang biasanya tersesat ke lampu. hehehe.



2. Cicak Kayu :
    Nama latin nya Hemidactylus Frenatus. Ukuran nya sedang, panjang maksimal nya 120 mm. Ciri khas nya adalah ekor membulat dan enam deret kulit-kulit yang lunak.
    Cicak ini perilaku nya mirip cicak tembok, cuman dia lebih suka ditempat yang berkayu dirumah, dipohon, atau disemak-semak halaman. mangsa favorit nya adalah serangga-serangga kecil.. hahaha.



3. Cicak Gula :
    Nama latin nya Gehyra Mutilata. Ukurannya dari kecil sampai sedang. Panjang umumnya kurang dari 10 cm. Ciri khas nya adalah gemuk, pendek, berkulit transparan dan berbintik-bintik.
    Cicak ini biasa ditemukan di dapur, lemari makan, dan meja makan. Cecak yang lebih suka menyendiri ini menyukai sumber karbohidrat, seperti remah-remah roti dan nasi, tentu saja juga aneka serangga kecil. hihihi.


Kalau aku sih sebenarnya paling geli sama cicak, langsung teriak gak karuan kalau udah kena jatuhin cicak, atau everything houselizard lah.. hehe..Sekian deh informasi tentang cicak..
Jadi kalau ngeliat cicak, identifikasi dulu ya ini jenis apa.. ^_^

Salam hangat,
Cicak.
^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thanks for your attention to read my blog article.
Please leave your comment here. ^_^